Kalau suka main gitar|Mainlah di atas pagar|Kalau mau jadi anak yang pintar|Jangan suka malas belajar

Kamis, 15 November 2012

Cara Penularan Penyakit

CARA PENULARAN PENYAKIT

INFLUENZA
Influenza yang lebih dikenal dengan sebutan flu, merupakan penyakit menular yang di sebabkan oleh virus golongan orthomyxovirus (virus Influenza

GEJALA UMUM : Gejala yang biasa di timbulkan dari penyakit adalah Demam, Sakit kepala, Pegal linu otot, Sakit tenggorokan, Hidung Bersin, Dan kehilangan Nafsu
makan. Orang yang biasanya terserang influenza biasanya akan sembuh dalam 3 sampai 7 hari. Penyakit influenza pada umumnya hanya menyerang alat pernafasan

CARA PENULARAN : Influenza dapat disebarkan dalam tiga cara utama, yaitu melalui penularan langsung (saat orang yang terinfeksi bersin, terdapat lendir hidung yang masuk secara langsung pada mata, hidung, dan mulut dari orang lain); melalui udara (saat seseorang menghirup aerosol (butiran cairan kecil dalam udara) yang dihasilkan saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau meludah), dan melalui penularan tangan-ke-mata, tangan-ke-hidung, atau tangan-ke-mulut, baik dari permukaan yang terkontaminasi atau dari kontak personal langsung seperti bersalaman


CACAR AIR DAN HERPES ZOSTER
Cacar air dan hepes zoster disebabkan oleh virus yang sama yaitu varicella voster virus (VCV) .

GEJALA : Demam, Sesak nafas, pegal linu, dan timbul gelembung – gelembung berair di kulit dan terasa gatal.

*    Herpes Zoster
Penyakit ini adalah lanjutan dari penyakit cacar air . Penderitanya adalah orang – orang yang yang sebelumnya pernah terkena cacar air.

GEJALA :  timbulnya gelembung seperti cacar air

CARA PENULARAN :  Penyakit cacar air dan herpes zoster dapat menyerang melalui udara jika udara mengandung partikel virus yang berasal dari penderita yang batuk dan bersin.


POLIO

Polio ( poliomyelitis ) disebabkan oleh virus polio

CARA PENULARAN : Virus dapat menginfeksi selaput otak ( Meninges ) dan susmsum tulang belakang, Dapat menginfeksi melalui air yang diminum, Melalui peralatan makan,  dan bahkan melalui ludah.

Hepatitis A, B, C, D, dan E

Pembengkakan disebabkan oleh virus hepatitis. Virus hepatitis yang telah dikenali adalah virus hepatitis A, B, C, D, dan E.

GEJALA : Demam, mual, dan muntah, serta perubahan warna kulit dan selaput lendir terlihat kuning.
CARA PENULARAN : Dapat melalui udara, Minuman yang terkontaminasi, Transfusi darah, dan penggunaan jarum suntik yang tidak steril.


AIDS ( Acquired Immunodeficiency Syndrome )
AIDS ( Acquired Immunodeficiency Syndrome ) adalah penurunan sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh virus HIV ( Human Immunodeficiency Virus )
GEJALA : pucat, Berat badan turun drastis, demam berkepanjangan, diare berkepanjangan, muncul bintik – bintik pada kulit. Dll
CARA PENULARAN : -      Dapat melalui hubungan seksual
-         Transfusi darah
-         Penggunaan jarum suntik yang tidak steril
-         Ibu hamil yang terinfeksi HIV dapat menular kepada bayinya melalui plasenta

DEMAM EBOLA

Demam ebola disebabkan oleh virus ebola yang merusak jaringan dan sel tubuh dan menyebabkan kematian kurang dari dua minggu.

GEJALA :  Demam, Sakit Kepala, Nyeri otot, dan Nafsu makan hilang

CARA PENULARAN : Kontak langsung dengan tubuh penderita ebola misalnya darah, fases, urin, dan keringat


CAMPAK

Campak disebabkan oleh paramyxovirus
GEJALA :  Demam, batuk pilek,  nyeri tonggorokan, sakit mata/belekan, ruam (bercak kemerahan yang timbul pada permukaan kullit), bercak putih pada pipi bagian dalam.
CARA PENULARAN :  Campak dapat ditularkan melalui air liur , percikan ludah penderita, percikan ingus penderta

HERPES SIMPLEK

Penyakit ini desebabkan oleh virus anggota famili Herpesviridae yang menyerang kulit dan selaput lendir.

GEJALA :  Timbul gelembung kecil yang mudah pecah kecuali pada mata dan kaki.
CARA PENULARAN :  Infeksi pertama cenderung hilang timbul. Virus masuk kedalam tubuh melalui luka kecil. Pada bayi virus sering ditularkan pada saat dilahirkan. Selain itu, virus ini juga dapat tularkan melalui hubungan seksual.

FLU BURUNG

Flu burung adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang biasanya menjangkiti unggas dan mamalia. Penyabab penyakit ini termasuk kedalam influenza tipa A, strain H5N1.

GEJALA :  Demam, nyeri otot, sakit tenggorokan, batuk. Pada beberapa kejadian juga disertai dengan gangguan pernapasan dan pnuemonia.
CARA PENULARAN :     -     Penularan dari hewan. Hewan-hewan yang                                 terkena virus ini akan menularkan melalui air liur, cairan pernafasan dan kotorannya,
o    Penularan dari lingkungan. Jika ada unggas yang mati mendadak harus dijauhkan dari lingkungan
o   Penularan dari konsumsi produk unggas. Produk unggas dari unggas yang tertular virus juga dapat menyebabkan virus ini berkembang
o   Penularan dari manusia. Kasus seperti ini tidak banyak. Namun biasanya mereka yang sudah terpapar virus ini akan dilakukan perawatan di ruang isolasi guna mencegah penyebarannya kepada manusia lain.


DBD ( Demam Berdarah )

Demam berdarah adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dangue yang masuk ke sistem peredaran darah manusia.

GEJALA : Demam tinggi, muncul ruam, muncul bintik – bintik perdarahan di tenggorokan, dan selaput bening mata.

CARA PENULARAN : Melalui gigitan nyamuk genus Aedes misalnya Aedes aegypti dan Aedes albopictus.



SARS ( Severe Acute Respiratory Syndrome )

Penyakit ini disebabkan oleh coronavirus.

GEJALA : Demam tinggi lebih dari 38oC, menggigil, sakit kepala, nyeri, lesu, dan gangguan pernapasan.

 CARA PENULARAN : Kontak erat dengan penderita, melalui kontak percikan cairan seperti batuk dan bersin.





GONDONG

Penyakit gondong disebabkan oleh golongan paramyxovirus.

GEJALA : Pembakakan di belakang kalenjer parotid yang berdekatan dengan telinga kerena peradangan akibat infeksi, suhu badan 39,5oC, demam, sakit kepala, nyeri anggota gerak, dan nyeri otot.

CARA PENULARAN : Penularan biasanya terjadi secara droplet  dalam jumlah partikel besar dalam saluran nafas atas, Melalui kontak langsung dengan penderita, Melalui ludah, urine, dan mutahan.

KANKER SERVIKS

Kanker Serviks atau kanker leher rahim merupakan keganasan yang menyerang leher rahim atau cervix.

GEJALA :     -     Pendarahan tidak normal yang bisa berupa pendarahan sesudah berhubungan intim, pendarahan abnormal diluar waktu haid, dan pendarahan sesudah monopouse
-         Keluar cairan berwarna  kekuningan dan berbau dari vagina
-         Sakit nyeri pada pinggul dan kaki
CARA PENULARAN : Terinfeksi human papillomavirus ( HPV) yang ditularkan melalui kontak seksual dan juga melalui penyakit menular seksual lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar